Selasa, 14 Juli 2015

LEBARAN & LIPITOR?

by A.Karimah M_
Lebaran tinggal beberapa hari lagi. Berarti opor ayam, sambal goreng ati ampela, rendang, gulai kambing, dan makanan sejenis sebentar lagi akan menyerbu meja makan keluarga menengah ke atas negeri ini. Yang sungguh sangat menyedihkan buat saya adalah: sebagian masyarakat beranggapan bahwa Lebaran kan setahun sekali, jadi makan makanan berkadar lemak dan kolesterol tinggi itu boleh2 saja. Pan ada Lipitor buat netralin. Begini nih akibatnya kalau kehadiran apoteker tidak dirasakan oleh masyarakat. Ilmu ngawur menyebar luas dari mulut ke mulut. Mohon dibaca baik-baik ya penjelasan saya berikut ini:
Lipitor, and other lipid lowering agents belong to Statin group, bekerja mengurangi produksi LDL oleh hati. BUKAN mengurangi penyerapan lemak dan kolesterol dari makanan di usus. Padahal maksud masyarakat minum obat itu kan tidak mau mendapat tambahan kolesterol dan lemak dari makanan tho? Kagak nyambung bro & sis!
Lipitor, dengan kemamuannya yang sangat besar untuk menurunkan kadar LDL, sebenarnya dibutuhkan oleh mereka yang mempunyai kadar kolesterol tinggi DAN menderita diabetes. Kenapa? Karena risiko mereka terkena serangan jantung & stroke SANGAT TINGGI, sehingga kadar kolesterolnya harus diturunkan serendah2nya, atau bahasa ilmiahnya LDL kudu kurang dari 100 mg/dL.
Lha kalau sekarang masyarakat sedang beramai2 ingin minum Lipitor saat Lebaran nanti, padahal kadar LDLnya berapa saja mungkin mereka nggak tahu dan nggak pernah periksa di laboratorium, terus bagaimana? Jika kadar kolesteroln turun drastis, hati2 bahaya! Kadar kolesterol yang terlalu rendah akan menurunkan daya ingat dan hasrat seks. Why? Karena kolesterol dibutuhkan untuk:
•Regenerasi dan keutuhan membran sel-sel saraf di otak
•Menjaga keutuhan sel-sel saraf
•Pembentukan hormon seks. 
•Repot kan kalau ajaran ngawur menyebar kemana2?

Bagi yang ingin mengurangi penyerapan kolesterol dan lemak dari makanan super duper lezat tersebut, teteup kudu diingat makanannya nggak boleh banyak2, obat yang tepat adalah Xenical dan Ezetrol. Mau tahu isinya? Tanyalah apoteker di apotek terdekat dengan rumah anda.
Xenical akan mengurangi penyerapan lemak dari usus, sehingga sebagian besar yang anda makan akan dibuang bersama eek. Ezetrol akan mengurangi penyerapan kolesterol dari usus. 
Itu ilmu yang bener. Roche dan MSD, kalian utang banyak sama aku.
Selamat bersiap menyambut Lebaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar