Selasa, 14 Juli 2015

LEBARAN & DIABETES

Hallooo…penderita diabetes, masih pingin makan ketupat Lebaran hari Jum’at nanti? Baca baik2 ya tulisanku ini. Anda dikatakan menderita diabetes kalau kadar gula darah puasa 126 mg/dL atau lebih. Maksudnya puasa disini bukan puasa sekarang, tapi puasa tidak makan dan minum apapun kecuali air putih selama minimum 8 jam. Artinya, kalau mau tahu kadar gula darah puasa sekarang, dan saat ini anda tengah berpuasa Ramadhan, berarti pengecekan dilakukan jam 1 siang ke atas, bukan pagi2. Anggap aja mulai puasa jam 4.30, jadi jam 1 siang teh sudah 8,5 jam. Begitu yaaaa……..
Kembali ke urusan ketupat: jika anda saat ini sudah biasa minum obat diabetes, dan kadar gula darah puasa anda terkontrol, artinya di kisaran angka 126, atau bahkan lebih bagus lagi kurang dari 126, maka jika anda tidak tahan kalau tidak makan ketupat waktu Lebaran, please………tambahkan 1 lagi obat, yang akan mencegah agar karbohidrat dari ketupat atau lontong tidak menambah kadar gula darah anda secara drastis. Hati2 juga jangan sembarangan minum sirup di setiap rumah yang anda kunjungi. Hehehe…..
Obat yang saya anjurkan adalah Glucobay. Obat ini akan memperlambat proses metabolisme ketupat menjadi glukosa di usus, dan mencegah sebagian glukosa yang terbentuk agar tidak masuk ke dalam pembuluh darah, melainkan langsung dibuang bersama tinja. Manfaat yang akan anda peroleh:
•Jika anda makan ketupat tanpa Glucobay: akan terjadi lonjakan kadar gula darah, yang bisa sangat sulit untuk diturunkan. 
•Jika anda makan ketupat bersama Glucobay: kadar gula darah hanya meningkat sedikit, bukan melonjak. Jadi, cara ini lebih aman. Untuk memastikannya, silakan cek kadar gula darah puasa di rumah, pada hari Lebaran +1 atau + 2. Jika ternyata masih meningkat banyak, misal karena nyendok opornya kebanyakan, maka H+2 dan H+3 dan seterusnya adalah waktunya untuk “menebus dosa”: silakan ambil pakaian renang, pakaian jogging, atau sepatu olah raga anda. Sok atuh berenang atau jogging / bersepeda keliling kompleks selama 1 jam setiap hari, sampai waktunya masuk kerja kembali. Atau ya selamat berpuasa 7 hari di bulan Syawal

Karena cara kerja Glucobay yang unik di atas, mencegah metabolisme ketupat dan menghambat penyerapan glukosa dari usus masuk ke dalam darah, maka aturan minumnya juga unik: minum Glucobay setelah SUAPAN PERTAMA ketupat anda. Jadi supaya tidak lupa, letakkan di samping piring anda sebelum mulai makan. Lihat gambar di bawah. Jangan ngobrol dulu yaaaa sebelum minum obat, takutnya nanti kebablasan makannya. Karena kalau anda telat meminumnya (setelah selesai makan), bisa jadi sebagian ketupat sudah jadi glukosa. Jadi nggak ada gunanya dong obatnya…..
Silakan minum Glucobay setiap kali makan ketupat atau lontong.

Enjoy the big festival of Hari Raya Idul Fitri...by A. Karimah M_


Tidak ada komentar:

Posting Komentar