Selasa, 30 Juni 2015

APOTEKER & RAMADHAN PART 2

Untuk menebus “dosa-dosa” kita kepada masyarakat, berikut adalah “tugas ke-2” sebelum Ramadhan:
•OBAT ASMA: ingatkan penderita asma yang cukup sering 
minum obat atau menggunakan inhalernya selama ini, agar menambah obat preventer. Gunanya: agar asma tidak kambuh gara2 harus bangun dini hari dan merasa lapar setiap hari, sehingga puasanya batal atau bolong2. Yang disebut preventer: Pulmicort, Symbicort, Seretide, Zaditen, Profilas, dll. 

•OBAT OSTEOPOROSIS: aturan minum yang penting. Alovell, Actonel, Fosamax Plus (kelompok Biphosphonates): biasa diminum pagi, bangun tidur, dalam keadaan perut kosong, dengan segelas air putih. Boleh sarapan, minum teh / susu / kopi, atau minum obat lain 30 menit setelah minum obat. Hal ini tidak mungkin dilakukan saat sahur. Keburu imsak atau subuh atuh. Hehehe… kenapa harus nunggu 30 menit? Karena penyerapan obat ke dalam darah akan sangat banyak berkurang jika di dalam lambung, dalam waktu bersamaan, juga ada minuman / makanan lain. Jadi efeknya sangat berkurang. Padahal obatnya mahal.
•Gimana kalau bangun lebih awal, minum obat dulu, terus mau shalat tahjud dulu baru sahur? Lebih nggak boleh lagi. Shalat setelah minum obat ini, tanpa jeda 30 menit, juga berbahaya: ketika sujud, posisi kepala lebih rendah dari lambung, bisa terjadi refluks dan muncul efek samping iritasi esofagus. Obat mensyaratkan untuk tetap duduk atau berdiri selama 30 menit setelah minum obat.
SOLUSI untuk obat osteoporosis:
•Minum saat berbuka dengan air putih. Tunggu 30 menit baru boleh shalat maghrib & berbuka lengkap. Lha selama 30 menit ngapain? Bengong? Ya nonton tipi aja atau sambil wirid kan enak. Repot? Males? Pilih solusi ke-2:
•Ganti obat2an tersebut dengan Bonviva, yang cukup diminum 1x sebulan. Jadi bisa diminum di pagi hari terakhir bulan Sya’ban, a day before Ramadhan. Dan tablet berikutnya diminum hari ke-2 Idul Fitri. Enak tho? Ojo lali yooo…harganya muahalllll, kurang lebih 450 rb per tablet. Tapi enak kan buat para eyang dan oma/opa, aki/nini? Selama bulan puasa bebas ribet, dan tulang tetap kuat. Roche mesti bayar saya mahal nih buat promosiin produknya. Hehehe…

Ayo2 jangan pada males menghubungi pasien / pelanggan anda. Ramadhan cuma datang sekali setahun. ..by.A.Karimah.M_


Tidak ada komentar:

Posting Komentar