Jumat, 01 Januari 2016

SUDAH BENARKAH OBAT DIABETES YANG ANDA MINUM?



Pertama kali bekerja, saya pernah ditanya seorang pelanggan: bu saya rajin minum obat diabetes & kontrol ke dokter, tapi kenapa gula darah saya tidak turun2? Pertanyaan yang sederhana tapi sangat menohok itulah yang mengubah pola pikir & pola kerja saya berikutnya, sampai hari ini. Akhirnya saya mendapatkan jawabannya. Penasaran kan? Jadi mari kita pelajari dulu JENIS & CARA MINUM yang benar obat2an untuk diabetes. Konsep ini totally different dengan cara2 yang biasa diajarkan oleh fakultas farmasi. He…he..he…

*** Obat yang berfungsi mengurangi penyerapan glukosa dari makanan, mengurangi produksi glukosa oleh hati, dan mengurangi resistensi insulin:
•Glucophage
•TZD: Actos
Ditujukan untuk penderita yang mengalami RESISTENSI INSULIN, ditandai dengan kelebihan berat badan atau kegemukan
Diminum SETELAH makan.

*** Obat yang berfungsi merangsang pankreas menghasilkan insulin lebih banyak:
•Sulfonilurea: Daonil, Diamicron, Glucotrol, Glurenorm, Amaryl
•Gliptins: Januvia, Galvus, Trajenta
Ditujukan untuk penderita yang KEKURANGAN INSULIN, ditandai dengan berat badan normal atau kurus
Diminum SESAAT SEBELUM makan. Artinya: makanan sudah terhidang di meja, dan pasien sudah siap menyantap makanan tersebut. Tujuan: menghindari efek samping hipoglikemia

Jadi sangatlah penting untuk mengetahui: apakah pasien diabetes tersebut kelebihan berat badan atau tidak, untuk bisa memberikan terapi yang terbaik. Slogan lama: semua pasien diabetes mulai diobati dengan sulfonilurea sudah ketinggalan jaman…….. KM


Tidak ada komentar:

Posting Komentar