Senin, 16 November 2015

SOLUSI HIPOALBUMINEMIA

_by.Karimah.M_
Saya pernah menulis tentang pleural effusion yang disebabkan oleh hipoalbuminemia. Disebutkan bahwa pleural effusion bisa terjadi jika tekanan hidrostatik jauh lebih besar dibandingkan tekanan oncotic. Sedangkan tekanan oncotic sendiri dipengaruhi oleh kadar albumin dan protein di dalam serum. Jika kadar keduanya rendah, maka tekanan oncotic juga rendah, sehingga peluang untuk terjadinya pleural effusion menjadi lebih besar.
- Kadar protein normal: 6,4 – 8,3 g/dL
- Kadar albumin normal: 3,4 – 4,8 g/dL

Albumin merupakan jenis protein terbanyak di dalam plasma, mencapai 60%. Setahu saya belum ada kata sepakat tentang penanganan hipoalbuminemia ini. Sebagian praktisi mengatakan: tidak perlu ditangani jika tidak menimbulkan gejala yang membahayakan. Karena saya menangani kasus pleural effusion, tentu masalah ini harus ditangani. Pilihannya:
- Konsumsi putih telur rebus yang kaya protein, setiap hari. Cara ini yang paling murah, tapi memerlukan kesabaran, baik dalam hal penyiapan maupun jumlah yang harus dikonsumsi. Bisa dibutuhkan 2-6 butir per hari. Juga perlu dipertimbangkan faktor kebosanan mengkonsumsi putih telur yang tidak ada rasanya (meskipun bisa ditambah kecap manis tentunya. Hehehe….).
- Konsumsi produk jadi yang lebih praktis, dalam bentuk susu, kapsul atau cairan siap minum. Produk2 ini mengandung protein, dalam bentuk whey protein maupun casein. Protein telur dan whey memiliki nilai efisiensi (PER, protein efficiency rate) dan nilai biologis yang tinggi
Contoh produk: 
* Susu Beneprotein, Proten, Peptisol.
* Kapsul Pujimin, yang mengandung ekstrak ikan gabus, yang diketahui mempunyai kandungan protein jauh lebih tinggi dibandingkan ikan-ikan lainnya. 
* Cairan Sea Quill Quick Gain, Twinlab Aminofuel Liquid, Universal Ultra Whey, atau 
* Tablet Universal Amino 1900 
- Jika peningkatan kadar albumin selama 2 minggu setelah mengkonsumsi telur atau produk-produk tersebut tidak sesuai dengan yang diharapkan, dan kondisi pasien memburuk, maka dapat dipertimbangkan pemberian cairan infus: Albapure 20; Albumin Human 20%; atau Human Albumin 20% Behring. Produk infus ini ditujukan untuk menormalkan kembali tekanan oncotic, mengurangi gejala edema dan mencegah dehidrasi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar