Senin, 16 November 2015

ZONA ASMA

Pengobatan modern tentang asma memperkenalkan konsep ZONA ASMA, yang diibaratkan seperti lampu lalu lintas yang terbalik. 
Tujuannya adalah: agar penderita asma sedapat mungkin hidupnya lebih banyak berada di zona hijau. Hal ini dapat diperoleh dengan pengobatan yang tepat.
Ciri penderita asma yang berada di ZONA HIJAU:

•Gejala sangat jarang muncul dan ringan. 
•Penderita bisa sekolah atau bekerja seperti anak-anak atau orang sehat lainnya. 
•Anak2 bisa meniup mainan gelembung sabun dengan menghasilkan gelembung yang besar, karena paru2nya terisi penuh oleh udara
•Bisa tidur nyenyak tanpa terbangun dini hari karena batuk atau sesak nafas. 
•Bisa mengikuti pelajaran olah raga atau berolah raga sesuai keinginan. 
•Obat hanya diminum atau digunakan kurang dari 3 kali seminggu
•PEFR: 80-100% dari angka terbaik anda. 
PEFR: peak expiratory flow rate, diukur dengan alat peak flow meter atau spirometer. PEFR menunjukkan seberapa baik seseorang bisa mengisi seluruh rongga paru-parunya dengan udara, kemudian mengeluarkan seluruh udara tersebut dalam satu kali hembusan cepat. 
Makin tinggi angkanya berarti makin banyak udara yang bisa masuk ke paru-parunya. Hal ini menunjukkan jalan menuju paru-paru telah longgar, tidak menyempit karena asma. Angka terbaik adalah angka ketika anda sedang dalam keadaan sangat fit, bebas gejala asma. Sebagai contoh: saya bukan penderita asma, bisa mencapai angka 460. Seorang penderita asma yang saya ukur setelah saya, dan mengaku dalam keadaan baik-baik saja, ternyata angkanya hanya 150. Dengan cepat saya bisa menyimpulkan bahwa yang bersangkutan BELUM mendapat pengobatan yang efektif.

Manfaat lain dengan mengetahui nilai PEFR adalah: penderita bisa memprediksi kapan gejala asma akan muncul, sehingga bisa bersiap-siap dengan meminum / menggunakan obat sebelumnya. Nilai PEFR akan berkurang SEBELUM gejala muncul.
Penderita di zona hijau tetap dianjurkan meminum / menggunakan obat pencegahan jika akan berolah raga atau terpapar pencetus asma.

Untuk zona kuning dan zona merah, tunggu edisi berikutnya._by.Karimah.M_


Tidak ada komentar:

Posting Komentar