Jumat, 03 Juli 2015

CARA KERJA KONTRASEPSI HORMONAL

by A.karimah.M_
Jika saya menyebutkan metode kontrasepsi hormonal, maka berarti itu merujuk pada: pil KB, susuk KB, suntik KB, IUD dengan hormon. Terlebih dahulu diperlukan pemahaman tentang anatomi & fisiologi organ reproduksi wanita sebelum bisa memahami cara kerja kontrasepsi hormonal. Mengapa? Karena organ reproduksi wanita menjadi dasar diciptakannya kontrasepsi hormonal.

Mengapa kontrasepsi hormonal menjadi andalan dalam kontrasepsi modern? Tentu karena perlindungannya dari kehamilan sangat efektif, yang dilakukan melalui 3 cara:
- Mencegah pematangan folikel & ovulasi di ovarium (indung telur). Kontrasepsi hormonal yang berisi progestin & estrogen akan menyebabkan kadar kedua hormon tersebut tinggi di dalam darah, sehingga tidak terjadi proses pematangan folikel (berisi sel telur) dan ovulasi (pelepasan sel telur yang matang ke dalam tuba fallopi). Tanpa adanya sel telur yang matang tidak akan ada pembuahan oleh sperma dan kehamilan
- Mengentalkan lendir di mulut rahim: membantu mencegah sperma dengan enaknya menerobos masuk ke dalam rahim dan terus menuju tuba fallopi. Sperma akan dibikin terpeleset berkali2, sehingga kelelahan dan gagal mencapai tuba fallopi. Atau bisa mencapai di tuba fallopi tapi sel telurnya sudah telanjur mati. Tuhan hanya memberi kesempatan sel telur hidup selama 24 jam. Seandainya spermanya luar biasa tangguh & berhasil mencapai tuba fallopi, masih ada cara kerja ketiga, yaitu:
- Mencegah pematangan endometrium untuk implantasi: andaikata spermanya kelas super & sel telurnya juga nekat berhasil masuk ke dalam tuba fallopi dalam keadaan siap dibuahi, maka ketika mereka menuju ke rahim, disana tidak tersedia tempat “nongkrong”, yaitu endometrium. Jadi kalau tidak terjadi implantasi, maka keduanya akan bablas turun ke vagina, dan tentu saja tidak terjadi kehamilan
Ketiga metode tersebut saling mendukung satu sama lain, sehingga efektivitas metode hormonal sangat bisa diandalkan. Masih percaya omongan orang di pinggir jalan tentang kontrasepsi? Belajar tentang hormon dan anfisman memang susah. Tapi itulah tugas apoteker.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar