Sabtu, 19 September 2015

DEFISIENSI VS RESISTENSI INSULIN

Ilmu diabetes "kuno" hanya berbicara tentang defisiensi atau kekurangan insulin, baik secara parsial atau total (diabetes tipe 2 dan tipe 1). Ilmu ini tidak bisa menjawab pertanyaan ketika para penderita diabetes yang rajin minum obat golongan Sulfonilurea tidak mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan. Bukankah insulinnya sudah dipacu habis-habisan untuk dikeluarkan dari sel pankreas? Tapi mengapa kadar glukosa di dalam darah tetap tinggi?

Rezulin (troglitazone), yang ditemukan oleh Parke Davis dan mulai dipasarkan tahun 1997, telah “merontokkan” teori lama dan memperkenalkan konsep baru tentang “resistensi” insulin. Resistensi insulin berarti bahwa penderita diabetes tersebut mempunyai insulin dalam jumlah cukup, namun insulinnya malas atau tidak dapat bekerja dengan baik, sehingga kadar gula di dalam darah tetap bertahan tinggi, karena glukosa tersebut tidak dapat masuk ke dalam sel. Kejadian ini tidak berubah meskipun yang bersangkutan telah meminum golongan Sulfonilurea (Daonil, Diamicron, dan kawan-kawan), yang bekerja merangsang pankreas untuk menghasilkan insulin lebih banyak. 
Rezulin mengibaratkan resistensi insulin seperti sel-sel tubuh kita terkunci (locked), tidak mau menerima glukosa untuk masuk ke dalamnya, atau kuncinya tidak bisa dibuka oleh insulin. Dan ternyata salah satu penyebab resistensi adalah terlalu banyaknya sel-sel lemak di dalam tubuh. 

Rezulin yang termasuk dalam golongan TZD (Thiazolidindiones), kini diwakili oleh Actos. Bekerja di tingkat reseptor, yang akan membuka kunci di sel-sel tubuh, sehingga menjadi unlocked, dan dapat menyimpan kelebihan glukosa. Jadi TZD terutama bekerja di hati, otot dan jaringan lemak. Ketiganya adalah tempat dimana kita menyimpan cadangan glukosa dalam bentuk glikogen, protein dan sel-sel cadangan lemak. Akibatnya kadar glukosa DI DALAM DARAH akan turun.

Gambar-gambar berikut menunjukkan:
- Sel tubuh yag terkunci, sehingga glukosa tidak dapat masuk ke dalam sel. 
- Sel yang sudah terbuka, oleh TZD, sehingga glukosa bisa masuk ke dalam sel.
- Organ-organ dan kadar lipid yang terpengaruh oleh kondisi resistensi insulin. 
- Bagaimana reseptor insulin yang sudah lebih peka dan dihasilkannya “pintu-pintu baru” untuk masuknya glukosa ke dalam sel
 — bersama Cpe Alumni-Itb.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar